Senin, 18 Oktober 2010

Peran serta Kontroler Dalam Perencanaan dan Pengendalian

Kontroler adalah manajer eksekutif yang bertanggung jawab atas fungsi akuntansi perusahaan. Kontroler mengkoordinasikan keikutsertaan manajemen dalam fase perencanaan dan pengendalian untuk mencapai sasaran perusahaan, dalam menentukan keefektifan pelaksanaan kebijakan, dalam menyusun struktur dan prosedur organisasional.

Kontroler juga bertanggung jawab untuk mengamati metode perencanaan dan pengendalian yang digunakan di seluruh bagian perusahaan, dan mengusulkan perbaikan-perbaikan dalam perencanaan dan pengendalian.

Pengendalian biaya yang efektif akan tergantung pada komunikasi yang baik antara informasi akuntansi dengan manajemen (laporan). Dengan melalui sistem akuntansi

konvensional dan model lainnya, kontroler dapat memberikan informasi kepada manajemen, yang kemudian menggunakan informasi ini untuk merencanakan masa depan perusahaan dan mengendalikan kegiatan hariannya. Model-model ini mencakup neraca, perhitungan rugi-laba, dan laporan arus kas.

Kontroler juga mengumpulkan, menyusun, dan mengkomunikasikan informasi diluar model-model tersebut, namun masih dalam kerangka sistem akuntansi dan sistem informasi lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar